Kanker Leukimia

Kanker Leukimia – pada penderita penyakit kanker leukimia atau yang biasa disebut dengan kanker darah yaitu salah satu jenis penyakit kanker. Leukimia yang disebabkan karena adanya peningkatan jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang. Karena jumlahnya yang begitu meningkat sel sel darah putih ini yang sebetulnya tidak begitu normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. ketidak normalan ini akan membuat fungsi sel begitu terganggu. Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang sangat membahayakan. Penderita leukimia yang harus segera diobati, jika terlambat dalam penanganan nya maka penderita tidak bisa tertolong.

Kanker Leukimia

Kanker Leukimia

Kanker Leukimia ataupun kanker darah terbagi menjadi 4 tipe, yaitu:

  • leukimia limfositik akut yang diderita oleh anak-anak, untuk tipe ini penyebabnya belum ditemukan namun kemungkinan hal ini didorong dari faktor genetik, faktor imunologik dan tubuh anak yang tidak tahan pada radiasi dan beberapa zat kimia.
  • leukimia limfositik kronis, yang biasanya terjadi pada orang dewasa usia antara 45-60 tahun, dan leukimia ini termasuk jenis leukemia yang paling ringan dan berkembang lamban serta sifatnya jinak. Adapun ciri-ciri kanker darah leukemia tipe ini adalah anemia, lelah, demam, pembesaran kelenjar getah bening, rentan infeksi dan lain sebagainya.
  • leukemia mielositik akut, yang disebabkan oleh sel mielosit normal yang berkembang menjadi sel darah putih yang mengandung granula (granulosit) setelah itu berubah sifat menjadi ganas.
  • leukemia Mielositik kronis, pada kondisi ini granulosit mengalami pembelahan yang terjadi dengan tidak normal, pada sumsum tulang dan juga pada jaringan tubuh.

Gejala Leukemia

Ada  beberapa gejala leukemia yang ditimbulkan dengan berbeda diantara para penderitanya, berikut ini gejala leukemia, yaitu :

  • Anemia
    Penderita akan cepat lelah, pucat, dan bernapas cepat (sel darah merah di bawah normal menyebabkan oksigen dalam tubuh kurang, akibatnya penderita bernapas cepat sebagai kompensasi pemenuhan kekurangan oksigen dalam tubuh).
  • Perdarahan
    Ketika Platelet (sel pembeku darah) tidak terproduksi dengan baik karena didominasi oleh sel darah putih, maka penderita akan mengalami perdarahan di jaringan kulit (banyaknya jentik merah lebar/kecil di jaringan kulit).
  • Terserang Infeksi
    Sel darah putih berperan sebagai pelindung daya tahan tubuh, terutama melawan penyakit infeksi. Pada Penderita Leukemia, sel darah putih yang terbentuk tidak normal (abnormal) sehingga tidak berfungsi semestinya. Akibatnya tubuh si penderita rentan terkena infeksi virus/bakteri, bahkan dengan sendirinya akan menampakkan keluhan adanya demam, keluar cairan putih dari hidung (ingus) dan batuk.
  • Nyeri Tulang dan Persendian
    Hal ini disebabkan sebagai akibat dari sumsum tulang (bone marrow) mendesak padat oleh sel darah putih.
  • Nyeri Perut
    Nyeri perut juga merupakan salah satu indikasi gejala leukemia, dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati, dan empedu, yang menyebabkan pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbullah nyeri. Nyeri perut ini dapat berdampak hilangnya nafsu makan penderita leukemia.
  • Pembengkakan Kelenjar Limpa
    Penderita kemungkinan besar mengalami pembengkakan pada kelenjar limpa, baik itu yang di bawah lengan, leher, dada, dan lainnya. Kelenjar limpa bertugas menyaring darah, sel leukemia dapat terkumpul di sini dan menyebabkan pembengkakan.
  • Kesulitan Bernapas (Dyspnea)
    Penderita mungkin menampakkan gejala kesulitan bernapas dan nyeri dada, apabila terjadi hal ini maka harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Pengobatan Untuk Penderita Kanker Leukimia

Secara medis langkah pengobatan leukimia yaitu dengan menggunakan kemoterapi. Kadang juga di lakukan dengan cara radiasi. Tapi umumnya kemoterapi lebih sering dipilih di banbdingkan radiasi (penyinaran) untuk cara mengobati leukimia. Upaya medis  lainnya untuk mengobati leukimia yaitu dengan melakukan transplantasi sumsum tulang. Akan tetapi, pengobatan leukimia menggunakan kemoterapi, radiasi, atau transplantasi jelas tidak murah. Pengobatan yang sangat membutuh biaya yang sangat besar. Selain itu juga akan sangat mungkin terjadi efek samping dari pengobatan tersebut terhadap tubuh pasien.

Cara pencegahan pada Penyakit Kanker Darah

  • Diet

Penelitian juga mengatakan bahwa diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk penyakit kanker darah. Diet ini bisa dilakukan dengan cara memperbanyak mengonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta meminimalkan konsumsi lemak, khususnya lemak hewan.   Menjaga berat badan yang ideal karena obesitas merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Hindari juga makanan siap saji, karena ini juga berbahaya. Konsumsi sayuran dan buah yang  segar sangat menyehatkan. Selain terhindar dari kanker, anda juga bisa menghindari penyakit-penyakit lainnya.

  • Menghindari Zat Karsinogenik

Hindarilah zat karsinogenik, karena juga bisa menyebabkan  kanker. Zat karsinogenik adalah zat penyebab kanker, zat ini juga bisa dihasilkan dari proses pemasakan dengan cara digoreng, ditumis atau dibakar. Akan jauh lebih baik memasak dengan cara mengukus atau merebus. Buah dan sayuran non-organik juga kemungkinan bersifat karsinogen

  • Menghindari Alkohol dan Rokok

Selain olahraga dan diet, anda juga harus menghindari rokok, baik sebagai perokok aktif ataupun pasif. Rokok merupakan penyebab sebagian kanker yang terjadi. Rokok selain   menyebabkan kanker paru, bisa juga menyebabkan kanker jenis lain,  seperti kanker darah dan kanker leher rahim.  Selain itu, Anda juga harus menghindari alkohol. Alkohol sama berbahayanya dengan rokok.

Kanker Leukimia


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Leukimia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *